Rabu, 29 Maret 2017

# buku

Buku Rabbit Hole, Buku Unik Karangan Psikolog Anak

Berawal dari senengnya saya follow akun penjual buku atau toko mainan online di instagram, akhirnya saya nemu akun Rabbit Hole ini. Rabbit Hole ini adalah buku bayi dan balita khususnya untuk umur 6 bulan sampai 7 tahun. Buku-bukunya sangat edukatif dan interaktif. Selain karena setiap buku disesuaikan dengan range usia anak, buku ini juga memiliki fitur menarik seperti pop up, touch and feel, dan buka tutup (flap). Masih ingat cerita saya tentang buku Halo Balita kan? Di halaman terakhir buku Halo Balita ini juga ada lembaran yang bisa dibuka tutup, mirip kayak buku Rabbit Hole ini.

Baca : Buku Halo Balita, Investasi Untuk Sakha?

Saya udah follow akun Rabit Hole ini udah lumayan lama. Saya juga udah lumayan sering kepo video tentang buku-bukunya di instagram. Karena mengingat Sakha udah punya beberapa buku favorit seperti Custom Busy Book dan buku-buku imutnya, saya pending dulu deh rencana beli buku Rabbit Hole ini. Tapi saya tetep pantengin instagramnya. Saya demen banget karena yang membuat buku-buku ini adalah seorang psikolog anak, yang tentunya mengetahui seluk beluk emosi dan kepribadian anak. Karena hal tersebutlah membuat saya semakin pengen mambelikan buku ini untuk Sakha, soalnya emosi Sakha kadang naik turun dan tantrum ga jelas. Kalau kita bisa jelasin emosi lewat media buku kan jadi lebih gampang tho.

Baca : Custom Busy Book Untuk Sakha

Suatu ketika pas saya iseng buka instagram, ternyata Rabit Hole ini sedang mengadakan Flash Sale. Ya intinya beberapa bukunya dijual murah dan dengan sistem flash. Siapa cepat dia dapat. Kebetulan buku yang saya incar itu termasuk salah satunya. Langsung dah saya beli. Tata caranya adalah mengetik komen di instagram, kemudian kita menunggu mba-mba admin mengirim detail pemesanan kita di WA. Saya membeli buku "Paket Bayi", yang terdiri dari buku Hmmm (buku Emosi), buku Cilukba, buku Suara Apa Itu dan Wayang Cilukba. Harga normal paket tersebut adalah Rp. 385.000, nah pas Flash Sale itu turun harga menjadi Rp. 250.000. Mayan murah kan.. :D

Buku-buku Rabbit Hole ini ada yang ready stock, ada pula yang dibuat berdasarkan pesanan atau booked dulu. Nah biasanya kalau sistemnya Flash Sale itu engga ready, booked dulu gitu baru 3 - 4 minggu kemudian dikirim. Saya pesan akhir Oktober dan buku itu nyampe di saya sekitar akhir November.

Akhirnya penantian yang lama itu berbuah hasil juga, buku yang dinanti-nanti datang juga..horeee.. Gimana penampakannya? Beginiiii...
Paket bayi
Ternyata di dalam buku Hmmm ini ada kertas yang bisa dibentuk menjadi dadu emosi. Menarik sekali kan, bisa dibuat bahan mainan bareng anak-anak.. :D Oh ya untuk Wayang Cilukba sengaja saya mainin nanti aja kalau Sakha udah agak gede. Takutnya diremet-remet nanti saking gemesnya.. :p

Gimana respon Sakha sama buku ini? Dia seneng banget, di antara ketiga buku ini paling demen sama buku Hmmm alias Buku Emosi. Di buku ini digambarkan bermacam-macam emosi yang umum dialami anak, seperti kaget, takut, jijik, sedih, senang, dan marah. Selain menggambarkan tentang emosi tersebut, di tiap topik emosi terdapat halaman touch and feel. Misalnya seperti saat takut kan bulu kuduk kita berdiri, di buku ini si kecil bisa merasakan gimana sih bulu yang berdiri itu. Sehingga anak bisa memahami emosi lebih kongkrit dan tidak abstrak.

Dengan demikian kita sebagai orang tua bisa mengarahkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan anak untuk mengatasi emosi yang negatif. Gimana caranya supaya anak ga terlalu lama marah, gimana caranya supaya anak ga larut dalam kesedihan, gimana caranya supaya anak meminimalisir rasa takut, dll.
Touch and feel takut
Penampakan buku emosi dan dadu emosi
Setelah beberapa kali cerita, Sakha udah tau alurnya, kenapa si embak merasa kaget, jijik, senang, dll. Sakha paling demen pegangin yang bulu ini, sambil bilang "Ama, takut.." wkwkw..
Halaman favorit Sakha
Dengan dadu emosi yang didapat dari buku ini, kita juga bisa main tebak-tebakan gimana ekspresi suatu emosi. Saya minta Sakha buat lempar dadunya, kebetulan dapet gambar si embak lagi marah. Saya tanya ke Sakha, "Ini mbaknya kenapa Sakha?", dia jawab "Embak marah", sambil niruin ekspresi si embak.. :D

Selain buku Emosi, Sakha juga tertarik sama buku Suara Apa Itu. Nah herannya untuk buku Cilukba, Sakha kurang tertarik, padahal di buku ini terdapat halaman buka tutup lho. Ya mungkin karena bukunya kecil dan gambarnya sedikit, jadi Sakha kurang begitu antusias.
Buku Cilukba
Kalau buku Suara Apa Itu ini, sekali cerita Sakha udah bisa niruin suara kendaraan yang digambarkan di buku ini. "Sakha gimana suara kereta api?", dia menjawab "Tut-tut-tut kereta di bawah". Hehehe, iya emang keretanya ada di bagian bawah terowongan.. :D
Buku Suara Apa Itu
Overall, Sakha seneng banget sama buku ini. Sebelum bobok dia sering minta baca buku Hmmm itu. Sepertinya Sakha belum bosen sama buku ini :D.

Oh ya saya juga mau bilang kalau embak admin di Rabbit Hole ini ramah dan komunikatif. Ceritanya buku Emosi ini di halaman belakangnya terdapat kaca kecil. Gunanya ya buat si anak berkaca supaya dia bisa tau ekspresi wajahnya saat belajar bermacam-macam emosi. Kebetulan buku yang dikirim ke saya itu bagian kacanya buram. Saya langsung tanya ke bagian admin apakah memang buram atau gimana. Ternyata buku yang saya terima adalah buku reject, admin meminta mengirimkan kembali bukunya untuk diganti buku yang kondisinya bagus. Biayanya kirimnya diganti oleh pihak Rabbit Hole. Senangnya..

Kesimpulannya menurut saya buku ini sangat recommended untuk di kecil. Kalau pengen kepo lebih lanjut silahkan follow instagram @rabbitholeid ya.. Pengarang buku ini juga mempunyai klinik psikologi anak bernama @rainbowcastleid. Di instagram tersebut beliau sering memposting tulisan yang sangat berguna untuk tumbuh kembang anak lho. Yuk kepoin.. Selamat membaca bareng si kecil ya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar