Senin, 13 Februari 2017

# curhat # review

Sekarang Pesan Taxi di Jogja Gampang Banget Lho..

Hai-hai semua, gimana kabarnya? Semoga selalu senantiasa bahagia ya.. Ngomong-ngomong tentang bahagia, kapan hari saya dibuat bahagia bukan main karena taxi. Wah gimana tuh? Ceritanya agak panjang nih..ga papa ya kan labelnya curhat.. :D

Ceritanya 3 bulan ini setiap hari Senin, saya harus jemput Sakha ke daycare sendiri karena ayah Sakha ada les bahasa Inggris. Biasanya saya menggunakan jasa antar jemput dari daycare. Jadi Sakha diantar ke rumah, tapi sebelumnya mampir ke kantor saya dulu buat jemput saya juga. Berhubung jarak daycare-kantor yang dekat, pihak daycare ga mempermasalahkannya..


Nah kebetulan hari Senin yang lalu pihak daycare menginfokan kalau mobilnya rusak sehingga ga bisa antar Sakha. Untung jam masih menunjukkan pukul 16.15. Saya jadi kepikiran order gojek aja buat jemput Sakha. Temen saya kasih cerita pengalaman dia order gojek, dia kasih satu daerah tujuan lalu akan muncul estimasi biayanya. Trus gimana caranya saya order ya kalau rute yang saya pengen adalah ke daycare Sakha dulu, trus lanjut ke rumah? Nah daripada bingung mikirin harus bolak balik order akhirnya saya move on order taxi aja.. :D

Teman saya menyarankan order taxi lewat aplikasi SayTaxi. Sebenernya saya udah donwload aplikasinya di hp, tapi belum pernah pake. Begitu pula dengan Gojek, udah nongkrong di app hp, tapi belum pernah dipake.. Cupu banget ya saya..hahaha..

Okay marilah kita order taxi lewat SayTaxi. Mari kita buka aplikasinya terlebih dahulu. Di screen awal terdapat notifikasi untuk mengaktifkan GPS terlebih dahulu..
Jangan lupa aktifkan fitur GPS dulu ya..
Setelah GPS diaktifkan, maka lokasi kita akan terupdate di screen. Icon yang ditampilkan adalah gambar orang. 
Lokasi akan terupdate
Tekan tombol "Set pickup" supaya icon pin kita mengirimkan sinyal siap dijemput kepada taxi-taxi yang beroperasi di sekitar lokasi kita. Jangan lupa set tempat tujuan mana kita akan diantar nantinya. Ga ada 5 menit saya nunggu, langsung deh sinyal lokasi saya ditangkap. Pak driver ternyata berada ga jauh dari lokasi saya. Paling sekitar 5 menit perjalanan. Horaaayyy..saya ga perlu nunggu lama.. :D
Menunggu saytaxi
Saya baru ngerti kalau aplikasi SayTaxi ini real time dari sisi GPSnya. Jadi di screen saya bisa liat icon mobil itu berjalan mendekati icon orang, yang artinya pak driver taxi lagi perjalanan menuju lokasi saya..hohoho.. Pas tau fitur ini saya heboh sendiri, kok bisa canggih gini yes? Kemana aja saya ini..hahaha.. Dengan sistem tracking ini saya jadi ngerti jalan mana aja yang dilalui taxi ini..apakah taxi udah nyampe di lokasi saya atau belum.. :D

Saya baru ngeh juga kalau di Details aplikasi itu terdapat nomor kontak driver taxi yang bisa dihubungi, type mobil taxi beserta plat nomornya..mantabbb.. :D Akhirnya taxi yang saya tunggu datang juga. Mobilnya nyaman, jenis Chevrolet Spin. Driver taxinya juga ramah. Saya ngobrol ngalor ngidul dengan pak driver, soalnya saya kepo pengen tau gimana efek sistem order taxi online dibanding order secara konvensional ini di sisi drivernya..

Beliau cerita kalau sistem order online ini lumayan memudahkan mereka, karena sistem pembayarannya bukan setoran. Kalau sistem order konvensional, pihak driver itu kayak di deadline. Misal hari ini harus setor sekian ratus ribu. Jadinya mereka harus pusing cari penumpang sendiri. Kalau misal pendapatan mereka kurang dari setoran yang ditetapkan, maka uang jaminan mereka harus dipotong. Saya juga baru ngerti dari cerita beliau kalau driver taxi harus punya uang jaminan.. >,<  Nah kan pusing kan..udah pusing cari penumpang, pusing juga kalau misal uang jaminannya dipotong.. :(

Nah dengan sistem order online ini, mereka ga perlu pusing cari penumpang, karena kan udah dibantu dengan aplikasi SayTaxi. Sistem pembayarannya juga bukan sistem setoran, melainkan komisi. Jadi berasa kayak ga dideadline gitu..

Woh ternyata sistem online ini selain memudahkan penumpang, juga memudahkan para driver.. :) Ga terasa saya udah sampai di daycare Sakha nih. Saya minta pak driver untuk menunggu sebentar sembari saya menjemput Sakha. Setelah saya membawa Sakha masuk ke taxi, saya baru inget dong kalau kunci rumah dibawa ayah Sakha. Alhasil kita musti balik ke kantor lagi untuk ambil kunci.. :|

Oke lah, akhirnya rute yang kami lalui adalah kantor-daycare-kantor-rumah..hahaha.. Perkiraan saya bakal habis biaya taxi mendekati ratusan ribu ternyata tidak terbukti. Dengan rute tersebut saya hanya membayar Rp. 34.000. Lumayan murah menurut saya.. :D

Oh ya sebelumnya pak driver juga bilang kalau armada SayTaxi ini ada sekitar 140 mobil di kota Jogja aja. Selain tipe Chevrolet Spin, tipe mobil lain yang digunakan adalah Toyota Alphard. Wow emejing..saya jadi keinget pengalaman temen saya yang naik taxi Alphard, eh ternyata punya SayTaxi ini tho..hoho.. Oh ya kalau pesanan tipe mobil ini ga sesuai penumpang, order taxi bisa dicancel juga lhoo..mantab kan..

Setelah membayar tagihan taxi, pak driver memberi tau kalau ada undian berhadiah mobil dengan cara menuliskan nama dan nomor telepon di struk pembayaran, lalu dimasukkan ke dalam kotak undian. Yah iseng-iseng boleh lah dicoba.. Kalau dapet mobilnya, ntar dijual aja buat DP beli rumah.. (nganyal pol..wkwkw).. Yang penting mohon doanya ya.. :D


Jadi kesimpulannya adalah, sekarang order taxi di Jogja jadi lebih gampang dan cepat dengan menggunakan aplikasi SayTaxi ini. Soalnya sekitar tahun 2014 lalu saya pernah mengalami kesulitan order taxi di Jogja, posisi hamil besar mana harus bawa barang yang banyak buat persiapan mudik lebaran dan cuti melahirkan.. Eh udah saya telepon semua list nomor taxi di Jogja, ga ada yang bisa jemput..akhirnya kami ke stasiun naik motor dengan barang yang berjibun.. :| Disini nih link curhatnya dulu :


Okay sekian dah curhatan saya..jadi ngalor ngidul kan ya.. Jadi bagi kalian yang lagi di Jogja dan lagi butuh order taxi, saya rekomendasikan SayTaxi ini..selain lewat aplikasi bisa juga diorder melalui telepon (0274) 373737.. Selamat naxi yaa..ati-ati di jalan lho.. See ya..

Ringkasan :
Nama Aplikasi : SayTaxi
Jasa : Taxi online di Jogja
No telepon : (0274) 373737
Jenis mobil : Chevrolet Spin, Toyota Alphard
Rating : 4.8/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar