Kamis, 03 Maret 2016

# mom & kids # mpasi

Ekspektasi vs Realita : Peralatan MPASI Sakha


Setelah masa ASI ekslusif 6 bulan sudah selesai, waktunya ibu berpusing ria dengan masalah MPASI. Agenda membeli peralatan MPASI pun dimulai. Salah satu yang paling excited untuk berbelanja peralatan MPASI adalah saya. Saya semangat banget membayangkan menyiapkan Sakha menu homemade setiap hari. Persiapan yang saya lakukan adalah membeli tempat puree buah sampai membeli buku resep MPASI rumahan cihuy yang tersohor itu. Lalu gimana realitanya ya? Kalau realita peralatan ASIP Sakha kan ga semuanya kepake. Bisa disimak di postingan berikut : 


Ternyata peralatan MPASI Sakha juga ga semuanya terpakai. Fakta di lapangan ga seindah bayangan emak..hehehe.. Saya akan coba share apa aja peralatan MPASI Sakha. Saya bukan ibu yang bisa masak menu-menu njelimet. Paling juga yang bening-beningan tak bersantan. Jadi untuk peralatan MPASI Sakha ini saya pake yang simpel-simpel aja.

1) Baby Cubes
Ekspektasi : Untuk makanan pertama Sakha nanti saya akan mengenalkan berbagai jenis puree buah dan sayur. Rencananya saya akan bikin puree ini 3 hari sekali, jadi ga setiap hari bikin. (Dasar emak males). Supaya kualitas puree tetap terjaga harus disimpan diwadah yang tertutup dan didinginkan, karena itulah saya membeli baby cubes ini. Baby cubes ini ada 3 pilihan ukuran yaitu ukuran 40ml isi 8 cubes per tray, ukuran 70ml isi 8 cubes per tray juga dan ukuran 140ml isi 4 cubes per tray. Saya memilih ukuran tengah-tengah yaitu 70ml.
Baby cubes untuk menyimpan puree
Realita : Mantab. Sejujurnya saya puas banget sama produk ini. Waktu itu saya beli ini seharga Rp. 100 ribu dan sampe sekarang masih awet, walaupun hilang 1 cubes..hikz.. Mengapa saya puas, ya karena alat ini berguna banget untuk nyimpen puree Sakha dan ukurannya ngepas banget di bottle warmer. Jadi pas ngangetin puree Sakha itu saya ga butuh mangkuk, tinggal tumpangin baby cubes ini di warmer, tunggu sampai hangat, langsung deh disuapin ke Sakha. Cucian juga jadi sedikit..hehehe... :D Setelah Sakha udah ga maem puree, baby cubes ini juga masih berguna buat tempat cetakan puding dan tempat potongan buah Sakha.

2) Set Baby Food Maker
Ekspektasi : Alhamduillah sahabat saya memberi kado lahiran Sakha berupa set baby food maker. Pasti akan berguna banget nanti waktu bikin MPASI homemade buat Sakha. Dalam satu set baby food maker ini berisi 7 alat, antara lain : mangkok, pemeras jeruk, parutan, sendok, tutup yang bisa dijadikan piring, saringan besi, dan penumbuk.
Set Baby Food Maker yang berguna banget buat MPASI
Realita : Tertanya oh ternyata dari 7 alat tersebut ga semuanya kepake. Yang paling sering saya pake adalah mangkok, penumbuk, parutan dan saringan besi. Biasanya saya pakai buat ngalusin buah yang sekiranya ga bisa dijadikan puree, seperti pisang, pepaya, dan alpukat. Setelah Sakha ga maem puree-pureean lagi, sementara alat ini disimpen rapi di dalam kardus lagi. Nanti dibuka lagi buat MPASI adiknya Sakha ^_^

3) Botol Sendok
Ekspektasi : Alhamdulillah saya dapetin botol sendok ini juga dari kado lahiran. Saya seneng banget pas dapet botol sendok ini karena emang kelihatannya bakal bikin gampang nyuapin Sakha bubur atau jus waktu MPASI nanti. Secara tinggal pencet botol aja trus Sakha tinggal hap. Selain itu juga bakal ngirit cucian piring kan ya.
Botol sendok Huki
Realita : Pas saya coba nyuapin Sakha bubur encer pakai ini ternyata ga sesuai ekspektasi. Ternyata susah boook, belum dipencet aja buburnya udah keluar. Dan misal udah keluar tapi ternyata Sakha nya belum mau mangap, akhirnya meluber keluar sendok deh. Kan asik misal kalau ga jadi dimaem, itu bubur bisa masuk ke dalam botol lagi..hahaha.. Ternyata engga gitu. Dan akhirnya saya harus merelakan botol sendok ini masuk ke lemari penyimpanan. Disimpen rapi buat dipake adiknya Sakha nanti deh.

4) Feeding Set
Ekspektasi : Saya membeli feeding set Pigeon ini yang versi mini berisi 1 piring, 1 mangkuk dan 2 sendok. Kurang lebih harganya 55 ribu. Saya ga membeli yang sepaket dengan botol minum karena set botol minum sendiri udah saya beli sewaktu Sakha berumur 3 bulan. Menurut saya feeding set ini udah sesuai kebutuhan Sakha. Harapannya sih awet sampe adik Sakha nanti (maaf dari tadi bahas adik Sakha, padahal belum dibuat :D)
Pigeon mini feeding set cocok untuk MPAS
Realita : Awet. Feeding set Sakha belum rusak sampai sekarang. Dan alhamdulillah kepakai terus. Saya paling suka sama sendoknya, karena emang didesain supaya pas disendok makanan anak itu ga gampang tumpah. Walaupun Sakha sekarang makannya udah pakai piring plastik biasa, kalau nyemil-nyemil ganteng masih saya pakein mangkuk atau piring Pigeon ini. Jadi produk ini recommended lah menjadi salah satu alat MPASI di rumah.

5) Slabber
Ekspektasi : Saya membeli slabber 3 sekaligus. Slabber yang saya beli yang bertipe tali. Harapan saya kan pas Sakha maem trus kotor itu ga perlu ngotorin bajunya, cukup slabbernya aja yang kotor. Tinggal nyuci slabbernya deh, dijemur bentar paling udah kering.
Pake slabber ya supaya baju ga kotor
Realita : Kepakai cuma sebentar sodara-sodara cuman pas Sakha masih belum ngeh kalau itu slabber, bukan baju dia. Hahaha. Semakin bertambanhnya usia, Sakha jadi sering mainin slabbernya pada waktu makan. Dia juga sering narik-narik pengen ngelepas slabbernya. Ya daripada saya emosi ya udah dipakein slabber tapi ujung-ujungnya baju tetep kotor yaudah deh slabbernya dilepas aja. Sakha juga jadi konsen makannya, ga mainan slabber lagi. :D

6) Kursi Makan Bayi
Ekspektasi : Setelah Sakha lulus memakai bouncer, saya kepengen liat Sakha belajar duduk sambil makan dengan manis. Pasti saya akan merdeka..hahaha.. Pas di baby shop saya lihat tuh ada kursi makan, harganya sekitar 300 ribuan, merknya Pliko. Langsung deh beli, saya mikirnya pasti berguna banget buat Sakha belajar makan sendiri.
Kursi makan Pliko
Realita : Sakha cuma bertahan beberapa menit aja waktu duduk di kursi ini. Mungkin dia merasa sumpek ya. Padahal di mejanya udah dikasih mainan & makanan lho. Pas duduk di kursi ini Sakha malah mainan sabuk pengamannya sambil berusaha bebas dari kursi. Ya udah deh ya memang Sakha cocoknya duduk lesehan waktu makan..hehehehe. Terpaksa kursi ini ngangkrak dulu di lemari.

Update : Sekarang Sakha mau duduk di kursi ini, tapi ga mau pake mejanya..hahaha. Jadi kursi ini bukan jadi kursi makan lagi, tetapi jadi kursi singgasana Sakha pas nonton tv. Lumayan lah ya masih kepake :)

7) Food Feeder
Ekspektasi : Gigi Sakha udah mulai tumbuh dan saya pingin belajarin Sakha maem sendiri. Gimana caranya biar Sakha makan sendiri mengenal tekstur buah yang sebenernya tanpa takut resiko tersedak. Sepertinya food feeder adalah pilihan yang tepat. Tinggal potong-potong buahnya, masukin ke jaringnya trus kasihkan ke Sakha buat dikunyah-kunyah. So simple, saya bisa nyambi-nyambi ngerjain pekerjaan rumah ga perlu takut Sakha kesedak.
Food feeder, makan tanpa takut tersedak
Realita : Gagal. Saya beli food feeder ini kurang lebih seharga 60 ribuan, dan ujung-ujungnya dia menjadi penghuni lemari..hahaha.. Kepakai cuma 4 kali apa ya. Saya udah semangat kasih Sakha buah dipotong kecil-kecil trus dimasukin ke food feeder ini. Saya kasihkan Sakha, tapi dia ga tertarik. Pertama-tama dia emut sih di bagian jalanya, tapi lama kelamaan dia emut di bagian pegangannya. Besok dan besok nya saya ulangi lagi, tetep aja yang diemut bagian pegangannya. Ya wes lah, mungkin Sakha tidak ditakdirkan memakai food feeder ini. Mungkin adiknya.. :p (Adek lagiii..)

Cukup sekian sharing saya tentang peralatan MPASI Sakha, semoga bisa bermanfaat ya. Mungkin sebetulnya alat-alat di atas sangat berguna sekali, namun karena tekad saya yang mudah menyerah akhirnya berujung di lemari. But no problem, kan buat tabungan nanti kalau punya anak lagi..hehehe..  :*

Sumber Gambar :
Empat Sendok Bubur : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgywc4vgFWfs-v-fSovuwm0ZOWuGhAD1UpkP4pb9IP2Co5QadZfdTZ1d_11tGdqBnvhU-k4TEshTean3yus3FBo9rn-dWZOWtvJq5v4NK5WhZ1vfhF-JZFZN4iBIZ8MFrjM9eYeMw4HDkQ/s1600/bubur+bayi.jpg
Botol Sendok Huki : http://shop.akrababy.com/image/cache/data/Huki/ws-1-500x500.jpg
Feeding Set Pigeon : http://www.pigeon.co.id/uploads/ckeditor/pictures/574/content_feeding_set_with_training_cup-edit1.jpg
Slabber : https://ecs12.tokopedia.net/newimg/product-1/2014/10/22/236760/236760_5705b290-5953-11e4-b63e-9e662523fab8.jpg
Kursi Makan Bayi : http://cdn-a.production.forum.static6.com/original/2X/8/8776f02be10de75a7a3afeac6418efeb89f4ea3b.jpg
Food Feeder : http://babyshop.co.id/wp-content/uploads/2015/05/Munchkin-Deluxe-Fresh-Food-Feeder-www.arminababyshop.co_.id_.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar